Kuesioner Pengunjung-


Bimtek Pengawas Keamanan Pangan 2019

Pekanbaru: Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau melalui Bidang Keamanan Pangan melaksanakan Kegiatan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas Keamanan Pangan 2019” yang diadakan dihotel New Hollywood Jl. Kuantan Raya No. 120 Pekanbaru yang dimulai tanggal 02 s.d 04 Desember 2019.

Bimtek dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Bapak Rosdi, SE, M.Si.  Bimtek juga dihadiri dan diikuti oleh Ess III dan Ess IV Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau serta 30 orang peserta yang berasal dari kabupaten/ kota yang menangani keamanan pangan.

Maksud dan tujuan dari diadakannya bimtek yaitu memberikan bimbingan kepada petugas kabupaten/ kota tentang fungsi pengawasan dalam pengawasan mutu dan keamanan pangan, meningkatkan peran dan fungsi pengawasan mutu dan keamanan pangan, meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait dalam pemantapan mutu dan keamanan pangan.

Adapun materi yang disampaikan yaitu pengawasan internal keamanan pangan dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Penerapan sistem pengawasan efektif dan penerapan prinsip pengawasan pangan, Menerapkan kriteria pengawasan dan menyusun rencana kerja pengawasan  dan menyusun perangkat kerja pengawasan, Melakukan komunikasi efektif dalam pengawasan, Pengawasan managemen produksi managemen panen dan pasca panen.

Peran karantina pertanian dalam pengawasan keamanan pangan segar, Melakukan pengawasan distribusi ke pelanggan dan pengawasan tempat penerimaan produk dan gudang penyimpanan, Melakukan pengawasan proses pengemasan dan/ atau pengemasan ulang, tempat pemajangan, verifikasi ketelurusan dokumen, menetapkan keputusan hasil pengawasan dan penyusunan laporan pengawasan.

Pada hari ke 2 bimtek, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Bapak Ir. H. Ferry FC Ernaputra, M.Si berkesempatan memberikan materi tentang pentingnya keamanan pangan.

Komentar Disqus

blog comments powered by Disqus

Kontak Kami

Jl. Kuantan Raya No.27, Sekip, Kec. Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Riau 28142
Telp. (0761) - 20820
diskepang@riau.go.id / infodiskepang@riau.go.id

Back to Top