Kuesioner Pengunjung-


71

Gelar Pangan Lokal dan Selamatkan Pangan

Yogyakarta : Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau bersama pelaku usaha “SOBIRIN” yang berasal dari Kabupaten Bengkalis mengikuti acara “Gelar Pangan Lokal dan Selamatkan Pangan” yang dilaksanakan di Benteng Vanderburg Jogjakarta pada hari Minggu tanggal 08 Desember 2019.

Gelar Pangan Lokal dan Selamatkan Pangan dibuka secara resmi oleh Menteri Pertanian Bapak Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.H dan ikuti oleh beberapa pelaku usaha dari berbagai daerah seperti Kelompok Usaha Pangan Lokal “SOBIRIN”.

Adapun menteri pertanian dalam arahannya terhadap pelaku usaha SOBIRIN yaitu Ayo kita konsumsi pangan lokal niscaya kita tidak akan kekurangan pangan, pangan lokal itu ada di lingkungan kita, dan yang dekat dengan kita adalah pangan budaya.

Produk pangan lokal yang dihasilkan dari kelompok pelaku usaha pangan lokal “SOBIRIN” yaitu pangan lokal yang berasal dari olahan Sagu dalam hal ini beras sagu. Beras sagu sangat berpotensi dikembangkan di Riau dengan upaya memperbesar produksi yang diharapkan dengan besarnya produksi dapat menurunkan harga jual sehingga pangan lokal (Beras Sagu) dapat sejajar dengan harga jual beras pada umumnya.

Selain beras sagu, Kelompok SOBIRIN juga mengolah produk dodol buah dengan bahan dasar buah mangrove, produk ini juga memiliki potensi yang bagus dengan mengembangkan modifikasi pada kemasan sehingga mudah untuk mengkonsumsi.

Dengan banyaknya variasi yang dihasilkan dari pelaku usaha di harapakan pelaku usaha dapat fokus akan produk pangan lokal yang bernilai bisnis dan dapat peluang pasar yang lebih luas.

Adapun harapan dengan diadakannya acara Gelar Pangan Lokal dan Selamatkan Pangan ini yaitu dapat terwujudnya kemandirian ketahanan pangan dengan bantuan pelaku usaha pangan lokal yang berada di masing-masing daerah.

#Apapun Eventnya Sagu Makanannya#

Komentar Disqus

blog comments powered by Disqus

Kontak Kami

Jl. Kuantan Raya No.27, Sekip, Kec. Lima Puluh, Kota Pekanbaru, Riau 28142
Telp. (0761) - 20820
diskepang@riau.go.id / infodiskepang@riau.go.id

Back to Top